Pengaruh Gedget Pada Anak

Pengaruh Gadget Pada Anak
Oleh : Deni Fazri

Gedget sudah tidak asing lagi di telinga kita. Gadget merupakan suatu benda yang hampir wajib dimiliki setiap orang. Gadget kini telah menjamur dimana-mana karena di dalamnya terdapat berbagai aplikasi atau kegunaan yang dapat memudahkan kehidupan, sehingga membuat gadget selalu di bawa kemana-mana oleh pemiliknya. Bila dilihat dari komposisi usia, persentase pengguna gadget yang termasuk kategori usia anak-anak dan remaja di Indonesia cukup tinggi, yaitu 79,5 (Kominfo & Unicef,2014) . Bahkan sekarang ini banyak orang tua yang terus memfasilitasi anaknya untuk dapat menggunakan gedget. hal ini bukanlah hal yang bagus bagi perkembangan anak, apalagi penggunaanya tersebut tidak ada pengawasan dari orang tuanya .

Pengaruh Gedget terhadap anak sangat besar, jika dilihat pengaruh negatif gedget bagi anak-anak sangatlah lebih banyak daripada pengaruh positifnya. kita bisa melihat hal itu dari pertanyaan“apa kegunaan gedget bagi anak-anak?”. Anak-anak menggunakan gedget untuk mencari bahan tugas itu pun jika ditugaskan oleh sang guru dan berkomunikasi dengan temannya. Tetapi ada yang lebih dari itu, anak-anak menggunakan gedgetnya untuk bermain dan hal itulah dijadikan kebutuhan khusus bagi anak-anak, sehingga akan berpengaruh kepada interaksi sosialnya dan kesehatannya, bahkan jika seorang anak terlalu sering bermain gadget akan menurunkan wawasan dan kecerdasan anak (Anna Surti Ariani, 2015)
.
Setelah kita mengetahui pengaruh gedget bagi anak-anak, ada beberapa cara untuk dapat mengurangi candu gedget pada anak-anak yaitu, Jangan biarkan anak bermain gedgte di kamarnya sendirian tanpa ada pengawasan dari orang tua , Orangtua juga harus membuat komitmen dengan tidak menggunakan gadget di depan anak (Anna Surti Ariani, 2015), dan Sebaiknya orangtua membuat perjanjian dengan anak sebelum mengizinkannya bermain gadget (Setyo Handryastuti, 2015). Dari beberapa tips yang diberikan oleh Psikolog dan Dokter. Kita dapat mengimpilkasikan hal tersebut kepada anak-anak yang berada disekitar kita, dari anak sendiri, sodara dan bahkan orang lain, sehingga anak-anak bebas dari pengaruh negatif gedget.

Sumber :
http://health.liputan6.com/read/2460330/anak-asuhan-gadget
http://digital.metrotvnews.com/anakdigital/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Universitas Indonesia : Maaf, Anda belum lulus seleksi masuk kali ini

Backpacker ke Bali 2016, cukup 675K!!!

Cara Membuat Visa Lithuania